Kamera apa ya?

Friday, April 23, 2010















"hei bapak Anggara Mahendra... nanya dong.. SLR sama DSLR itu bagusan DSLR ya?"
"Terus klo buat pemula bagusan yang tipe apa? Cuma buat latian aja lho ngga,blom buat seriusan..."

OK, ini adalah pertanyaan klasik yang banyak sekali saya harus jawab sampai berulang-ulang. Meskipun saya bukan fotografer profesional, tapi saya mencoba berbagi apa yang saya tahu kepada teman-teman lainnya. Siapa tahu bisa berguna.

Yang pertama adalah "berapa budgetmu?"

Budget ini akan menentukan spesifikasi DSLR apa yang akan kamu dapatkan. Mulai dari berapa
megapixel, sensitivitas sensor kamera, menu yang semakin lengkap dan sebagainya.

Kedua adalah merk
Setau saya ada puluhan merk kamera digital di seluruh dunia, mulai dari
Canon, Nikon, Yashica, Roleiflex, Flexarel, Leica, Pentax, Minolta, Kodak, Panasonic, Samsung, Casio, Lubitel, Zenit, Ricoh, Olympus, Hasselblad, Sony, dan lain-lain. Banyak ya? Itu masih belum termasuk merk-merk kamera di Eropa, Amerika, Jepang dan belahan Negara lainnya yang memproduksi sendiri kameranya.

Saran saya, pilih merk camera yang banyak dipakai teman-temanmu. Kenapa? Karena saat kita nggak mengerti tentang kamera ini, kita bisa dengan gampang menanyakan pada teman lainnya. Selain itu bisa tukar-tukar lensa.

Ketiga, sudah dapat mau kamera spesifikasi apa, tapi bingung antara 2 merk.
Misalnya Canon atau Nikon?
Katanya Canon bagus untuk skintone dan Nikon untuk outdoor ya? Kalau kata saya, semua itu relatif, tergantung dari kemampuan fotografernya a.k.a "Man behind the gun" Karena secanggih apapun kameramu, tapi kalau nggak bisa mengerti menunya, tehnik fotografi dan sebagainya, otomatis kita nggak akan bisa memakai kamera itu dengan maksimal.

Photo : hasil Googling
Angle : thanks to Sandhya Sari... :)

3 comments:

{ sandhyaasri } at: April 23, 2010 at 5:23 PM said...

did I just inspired you to post about this in your blog..ahahaaha... =P

{ Opticmouse } at: April 26, 2010 at 8:21 AM said...

Hehe..mantap nih...
Pas banget..Budget menempati singgasana...hahaha...
Dari budget, baru menurun ke langkah selanjutnya....

{ anggaramahendra } at: April 26, 2010 at 3:05 PM said...

sandhya sari : hahaha... absolutely, tapi selain itu emang ada 3-5 orang nanya hal yg sama... bingung merk, spek, dan lain-lain..

tamba : pengalaman pribadi yang dijadikan tulisan... :)

Post a Comment

 

Bali blogger

BaliBlogger

Follow my blog

 

© 2010 anggara mahendra